Jenis Tabungan BSI

Pernah dengar tentang Bank Syariah Indonesia (BSI)? Tahukah Anda bahwa ada banyak jenis tabungan BSI yang bisa Anda pilih?

BSI masih menjadi pilihan utama bagi calon nasabah di Indonesia, lho. Terutama bagi nasabah yang beragama Islam dan punya preferensi menabung sesuai syariat Islam.

BSI juga terus berupaya memenuhi kebutuhan nasabahnya dengan berbagai pilihan produk yang ada, serta melalui peningkatan pelayanan perbankan. Untuk mengetahui tentang BSI lebih lanjut, kami akan mengupas mengenai BSI, beserta jenis tabungan BSI yang ditawarkan. Simak selengkapnya pada ulasan berikut.

Sekilas tentang Bank Syariah Indonesia (BSI)

Bank Syariah Indonesia atau BSI merupakan bank yang menerapkan syariat Islam ketika menjalankan bisnisnya. BSI merupakan bank syariah hasil merger dari beberapa bank syariah di Indonesia, yaitu PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah.

Jenis rekening bank ini sangat cocok untuk calon nasabah yang tidak ingin menabung di bank konvensional, sebab khawatir akan adanya prinsip yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Jika Anda tidak ingin menjalankan praktik riba atau sistem bunga yang terdapat dalam bank konvensional, Anda bisa memilih BSI yang tidak menjalankan sistem tersebut.

Meskipun begitu, produk dan layanan perbankan BSI tidak kalah dengan bank konvensional lainnya, lho. Selain memiliki beragam jenis tabungan yang dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan para nasabah, BSI juga memiliki layanan perbankan elektronik seperti Net Banking dan aplikasi Mobile Banking yaitu BSI Mobile. Biaya admin BSI juga tergolong ringan.

Memangnya, apa saja jenis rekening BSI yang bisa dipilih?

Jenis Tabungan BSI yang Bisa Anda Pilih!

BSI memiliki jenis tabungan yang beragam sesuai dengan peruntukan dan tujuannya. Dilansir dari laman bankbsi.co.id, jenis tabungan BSI bervariasi mulai dari untuk perorangan hingga bisnis, untuk menabung, menunjang transaksi keuangan sehari-hari, hingga mempersiapkan dana ibadah haji.

Agar bisa lebih jelas melihat perbedaannya, kami akan membahas jenis tabungan BSI di bawah ini:

1. Tabungan BSI Easy Wadiah

Untuk perseorangan, jenis tabungan rekening BSI yang bisa dipilih adalah BSI Easy Wadiah. Jenis tabungan BSI ini menganut akad Wadiah Yad Dhamanah, yang berarti nasabah menitipkan dananya untuk ditabung di BSI. Dana ini murni hanya ditabung saja, dan tidak ada prinsip bagi hasil setiap bulannya. Jadi, perlu diingat bahwa jenis tabungan BSI ini tidak akan mendapatkan bagi hasil, ya.

Anda dapat membuka rekening BSI Wadiah secara online, serta menikmati fasilitas mobile banking BSI serta Net banking-nya. BSI Easy Wadiah akan sangat membantu kebutuhan transaksi keuangan Anda sehari-hari, serta akan menjaga tabungan Anda karena biaya administrasi per-bulannya gratis! Setoran awal dan saldo minimal per bulan juga hanya sebesar Rp50.000. Syaratnya tidak membebani, bukan? Cocok untuk dibuka sebagai rekening tabungan pertama.

2. Tabungan BSI Easy Mudharabah

Sementara itu, jika Anda ingin mendapatkan bagi hasil dari BSI, Anda bisa memiliki jenis tabungan BSI Easy Mudharabah. Jenis tabungan BSI ini menganut akad Mudharabah Muthlaqah, di mana bank sebagai pengelola dana akan menggunakan dana tersebut ke dalam usaha syariah, sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Jadi, nasabah jenis tabungan BSI Easy Mudharabah berhak atas penerimaan bagi hasil setiap bulannya, ya.

Untuk jenis tabungan BSI Easy Mudharabah, Anda akan dikenakan biaya administrasi per-bulan sebesar Rp10.000 . Sementara, setoran awal sebesar Rp100.000 dan saldo minimal per-bulannya sebesar Rp50.000.

Besaran bagi hasil yang akan diterima nasabah akan disesuaikan dengan besaran tabungan nasabah. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Saldo < Rp 1.000.000 = 1%
  • Saldo Rp 1.000.000 – < Rp 50.000.000 = 2%
  • Saldo Rp 50.000.000 – < Rp 100.000.000 = 3%
  • Saldo Rp 100.000.000 – < Rp 500.000.000 = 5%
  • Saldo Rp 500.000.000 – < Rp 1.000.000.000= 7%
  • Saldo > Rp 1.000.000.000 = 13%

3. Tabungan BSI Bisnis

Jenis tabungan BSI ini akan cocok dimiliki oleh para pengusaha dan pebisnis, sebab limit transaksinya lebih besar jika dibandingkan jenis tabungan BSI biasa. Di Tabungan BSI Bisnis, Anda bisa membuka tabungan dalam mata uang rupiah.

Untuk memudahkan Anda mengelola bisnis, transaksi keuangan menggunakan BSI Tabungan Bisnis akan dicatat secara detail dan rinci di buku tabungan, BSI Mobile, hingga BSI Net Banking. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab pencatatan keuangan Anda akan dilakukan secara efektif dan efisien.

Anda harus menyetorkan dana sebesar Rp1.000.000 sebagai setoran awal, serta akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per-bulannya untuk administrasi rekening. Sementara itu, saldo minimal adalah sejumlah Rp10.000 . Namun, Anda akan dikenakan biaya admin tambahan sebesar Rp25.000 per-bulan jika saldo rata-rata Anda di bawah Rp10.000.000

4. Tabungan BSI Simpanan Pelajar

BSI juga memiliki jenis tabungan khusus pelajar, yaitu BSI Tabungan Simpanan Pelajar. Jenis tabungan ini diterbitkan bersamaan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, untuk mewujudkan budaya menabung bagi pelajar. Serta, sebagai sarana edukasi keuangan dari bank untuk para pelajar.

Pemilik BSI Tabungan Simpanan Pelajar akan dibebaskan dari biaya admin bulanan, tidak dikenakan biaya saat melakukan tarik tunai, serta akan bisa merasakan jumlah setoran awal yang ringan, yaitu sebesar Rp1.000 saja.

5. Tabungan BSI Junior

Untuk anak berusia di bawah 17 tahun, BSI juga punya tabungan khusus untuk mereka, lho. Namanya BSI Junior. Memupuk budaya menabung sejak dini juga merupakan misi dari BSI, maka BSI Tabungan Junior hadir untuk mewujudkan misi tersebut.

Nasabah BSI Tabungan Junior akan mendapatkan fasilitas e-banking, yaitu BSI Mobile Banking, serta kartu ATM yang memiliki desain unik dan cocok untuk anak-anak. Kartu ATM/kartu debit, serta buku tabungan yang didapatkan anak juga akan dicetakkan atas nama anak.

Selanjutnya, rekening BSI Tabungan Junior juga bisa menerima dana secara otomatis (autokredit) dari rekening orang tua ataupun wali. Selain itu, untuk mengontrol dan memantau transaksi keuangan, orang tua akan menerima notifikasi transaksi rekening sang anak via SMS. Menarik, ya?

Berapa biaya admin BSI Tabungan Junior? Gratis atau tidak dikenakan biaya! Setoran awal sebesar Rp100.000, sementara saldo minimal bulanan sebesar Rp25.000

6. Tabungan BSI Valas

Bagi nasabah yang ingin menabung dengan mata uang US Dollar, Anda dapat memilih jenis tabungan BSI Valas, ya. Jenis tabungan BSI ini memiliki dua pilihan akad, yaitu akad Wadiah Yad Dhamanah, yang berarti nasabah hanya sebatas menyimpan uangnya di bank BSI, dan tidak menerima bagi hasil. Dan juga akad Mudharabah Muthlaqah, di mana nasabah akan mendapatkan bagi hasil tiap bulan.

Penarikan dan setoran uang tunainya dapat dilakukan setiap saat, lho. Selain itu, bagi pemilik BSI Tabungan Valas akad Wadiah Yad Dhamanah; Anda akan dibebaskan dari biaya administrasi setiap bulannya. Untuk BSI Tabungan Valas akad Mudharabah Muthlaqah; Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar USD 0.5 per-bulan.

Sementara itu, keduanya memiliki jumlah setoran awal dan saldo minimal bulanan yang sama, yaitu USD 50.

7. Tabungan BSI Haji Indonesia

Bank syariah tentu belum lengkap, jika tidak memiliki tabungan khusus untuk merencanakan dana persiapan haji dan umrah. BSI tentu memilikinya. Anda bisa membuka jenis tabungan BSI Haji Indonesia, jika Anda berniat untuk mewujudkan impian Anda beribadah haji dan umrah dan ke Baitullah. Jenis tabungan BSI ini bisa disimpan dalam mata uang rupiah maupun US Dollar.

Anda bisa membuka tabungan ini jika Anda sudah berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Namun, BSI juga memiliki jenis tabungan haji untuk anak usia di bawah 17 tahun, lho. Namanya adalah BSI Tabungan Haji Muda Indonesia.

Setoran awal dan saldo minimal per bulan Tabungan BSI Haji Indonesia hanya sebesar Rp100.000 . Sementara itu, biaya admin-nya gratis! Tarif yang sama juga diberlakukan kepada jenis tabungan BSI Haji Muda Indonesia.

Penutup

Itulah beberapa jenis rekening tabungan BSI yang bisa Anda simak dan pelajari. Tertarik untuk membuat rekening BSI? Pilihlah jenis tabungan BSI yang paling sesuai dengan kebutuhan keuangan Anda dalam menabung.

Jika Anda hanya ingin menabung tanpa adanya bagi hasil, Anda bisa memilih jenis tabungan BSI dengan akad Wadiah. Jika ingin ada bagi hasil, maka pilih jenis tabungan BSI Akad Mudharabah.

Simak ulasan lainnya mengenai bank BSI, bank milik negara, hingga bank swasta lainnya hanya di Informasi Bank. Andalkan Informasi Bank sebagai referensi utama Anda seputar dunia perbankan Indonesia!

Ukuran Teks Artikel Terlalu Kecil?
Mengubah Ukuran Font (Teks) Artikel

klik tombol di bawah untuk mengubahnya

Default adalah ukuran teks asli